Mengapa Neymar Tidak Masuk Daftar Nomine UEFA Best Player 2015-2016?

Neymar yang merupakan bagian integral dalam kesuksesan Barcelona meraih dua gelar musim ini, diabaikan. Ia kalah dari beberapa nama seperti Gianluigi Buffon, Manuel Neuer, dan Pepe.
Hanya ada dua nama pemain Barcelona yang menjadi nomine UEFAs Best Player in Europe Award: Lionel Messi dan Luis Suarez. Sementara itu, Real Madrid menampilkan empat wakil. Selain Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale, ada Toni Kroos dan Pepe. Keempat nama ini tidak cuma meraih gelar Liga Champions bersama Los Blancos, tetapi juga peranan vital untuk kesuksesan negara masing-masing di Piala Eropa 2016.
Namun yang tidak terduga oleh fans Barcelona adalah, tidak adanya nama Neymar. Ia hanya masuk dalam daftar 37 besar nomine. Dari segi teknis, hal ini tidak bisa dilepaskan dari performa Neymar. Memang ia berperanan untuk gelar Barcelona di liga domestik. Namun, hal itu sama sekali tidak cukup. Neymar inkonsisten, bahkan cenderung memburuk di akhir musim 2015-2016.
Merosotnya performa sang bintang Brazil berakibat pada kekalahan Barcelona di perempat final Liga Champions kontra Atletico Madrid. Barca juga sempat nyaris disalip Real Madrid di Liga Spanyol. Dibandingkan dengan nama-nama lain, memang ia kurang layak.

Di luar itu, tidak boleh dikesampingkan adalah metode penilaian dalam UEFA Best Player tahun ini. Seperti tahun sebelumnya, jurnalis dari setiap federasi anggota UEFA, menyodorkan lima kandidat utama. Pemain di urutan pertama berhak mendapatkan lima poin. Pemain urutan kedua empat poin, demikian seterusnya hingga peringkat lima mendapatkan satu poin.
Karena performa Neymar yang buruk, bisa saja ia cuma berada di urutan terbawah voting dari jurnalis berbagai negara, sehingga poin yang diperoleh kecil. Hal ini berbeda dengan beberapa nama lain yang muncul karena sentimen Piala Eropa, yang bisa meraih poin yang lebih besar darinya.
Neymar sendiri sejajar dengan Andres Iniesta (Spanyol) dan Renato Sanches (Portugal) yang baru saja pindah ke Bayern Munchen, dan permainannya di Euro 2016 mendapatkan perhatian khusus.

buynbajerseys.net klik 365 Sumber: Sidomi